IDNER

Anything About Our Life and Technology

PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang telah digunakan lebih dari 10 tahun terakhir ini. Bahasa pemrograman yang bersifat server-side membuat seluruh proses yang terjadi dilakukan di server. Penjelasan lengkap tentang PHP telah dibahas pada artikel sebelumnya. Namun, bukanlah solusi untuk membuat dan memelihara website yang berskala besar. Jika anda membuat sebuah website berskala besar dengan menggunakan PHP saja, maka anda akan mengalami kesulitan dalam hal pemeliharaan dan pengembangannya.

Berkaitan dengan masalah yang telah dipaparkan di atas, solusinya bagi seorang web developer adalah dengan menggunakan framework. Keunggulan yang ditawarkan jika dibandingkan dengan penggunaan PHP biasa sangatlah besar. Secara umum framework dapat mempermudah anda dalam membuat sebuah website karena terdiri dari library yang dapat dimanfaatkan dan mudah untuk pemeliharaannya. Pada umumnya, framework memiliki beberapa folder di dalamnya yang mengelompokkan skrip-skrip yang dibuat oleh seorang web developer. Contohnya skrip untuk CSS, Javascript, dan PHP yang terdapat pada folder berbeda.

Di dalam dunia PHP terdapat berbagai macam framework yang dapat menarik perhatian anda yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di antaranya adalah Zend, Cake, Code Igniter (CI), Solar, Symfony. Dari contoh framework di atas, saya mengumpulkan referensi penilaian keempat framework tersebut. Berikut adalah tabelnya :

Image
Image



sumber : http://arif-4121f.info

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar