IDNER

Anything About Our Life and Technology


Anggota Kelompok (4KA01) :
PUTRI AYUNING MULYA (11107333)
RAHMAT FAUZI ( 12107088,o_jhie@yahoo.com)
RENDI HARI KUSUMA ( 11107389, rendi_hari_kusuma@yahoo.com)



I.                   PENGERTIAN TELEMATIKA

Pada tahun 1978, Dua orang asal Perancis, Simon Nora dan Alain Minc mempopulerkan kata TELEMATIQUE, pada bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe. Telematika diartikan sebagai singkatan dari TELE ( TELEKOMUNIKASI ), MA ( MULTIMEDIA ), dan TIKA ( INFORMATIKA ). Telematika merupakan proses bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Selain itu Telematika merupakan suatu system elektronik yang lahir dari perkembangan dan perpaduan (konvergensi) telekomunikasi, media dan informatika.
 
Berdasarkan Beberapa Pendapat :
1.      Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.
2.      Telematika memiliki kemampuan mentransmisikan informasi dalam sekejap dalam jumlah yang besar.
3.      Telematika merupakan suatu jasa yang diselenggarakan untuk umum (online, internet) dan keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (internet).
Pada dasarnya Telematika memiliki beragam bentuk :
·           E-government
                 Dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.
                 E-goverment juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan intrernasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki situs online. Contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.


·         E-commerce
                 Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim.
                 Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (soft ware), erbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E-commerce juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk yang disebut terakhir, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melalui mobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri) , bahkan membeli pulsa.
·         E-learning
                 Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.
                 Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas, dapat dilakukan.
                 Bentuk telematika lainnya masih banyak lagi, antara lain ada e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya. Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference.

II.                TELEMATIKA PADA SAAT INI
Pada akhir abad 20, dua inovasi utama muncul hampir bersamaan, Internet dan Mobile Phones serta kemampuan komputer yang makin powerfull (miniaturisasi) sebagai enabling technology. Mengubah “landscape” telekomunikasi dan membangun motivasi yg memicu pertumbuhan ekonomi secara dramatis. Dahulu, dial up menggunakan jaringan telepon tetap adalah satu-satunya media akses yang paling masuk akal agar perorangan dapat terhubung ke internet dari rumah atau kantor. Bahkan warnet-warnet pun banyak mengandalkan dial-up sebagai media koneksi Internet.
Perusahaan penyedia jasa internet mulai tumbuh satu per satu. Indonet merupakan salah satu pelopor untuk hal ini yang kemudian diikuti oleh perusahaan jasa internet lainnya. Hingga suatu saat lahirlah TelkomNet Instan, di mana dengan model seperti ini pelanggan dengan lebih mudah untuk melakukan dial-up tanpa perlu melakukan registrasi. Kecepatan maksimal dari dial-up hanya 57 Kbps.

III.             PERKEMBANGAN TELEMATIKA
Meskipun saat ini perkembangan telematika di Indonesia dari segi kebijakan, regulasi, infrastruktur, sumber daya manusia, maupun aplikasi sudah beberapa langkah maju, akan tetapi dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Thailand, apalagi Singapura, kita relative tertinggal jauh.

Selama perkembangannya, Telematika mengalami tiga periode :
1.      Periode rintisan
                 Pada tahun 1970 perkembangan telematika di Indonesia sangat terbatas karena perhatian yang minim dari pemerintah dan pasokan listrik yang terbatas pada saat itu. Sehingga Indonesia tidak perduli dengan perkembangan telematika. Memasuki tahun 1980, penggunaan teknologi telematika di Indonesia masih terbatas. Sarana kirim pesan seperti yang kita kenal saat ini yaitu email yang dirintis pada tahun 1980. Sejak periode rintisan inilah beberapa orang di Indonesia belajar menggunakan telematika.

2.      Periode pengenalan dan pengembangannya
                 Teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mulai mengenalnya. Jaringan radio amatir pada awal tahun 1990 mulai ramai. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980, terus berkembang seiring dengan berkembangnya telematika di Indonesia.

3.      Periode aplikasi dimulai
                 merupakan munculnya era dunia digital untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas untuk mulai dilaksanakan dan diaplikasikan. Semua itu dapat berlangsung lancar, dengan tersedianya sarana transportasi, kota-kota yang saling terhubung, dan industri telematika dalam negeri yang terus berkembang.


IV.             TELEMATIKA PADA MASA MENDATANG
Pertumbuhan fenomenal dalam dua bidang Telecom (mobile) dan Datacom (Internet) mengarah ke konvergensi dari dua area ini :
1.                 Internet-like services ingin diimplementasikan pada mobile service
seperti Higher speed mobile network (2.5G, 3G) yang sangat diperlukan.
2.                 Internet Protocol (IP) mempunyai peran strategis dalam pengembangan dan implementasi jaringan telekomunikasi (All IP-based core network).
Sistem kedepan harus memp. Karaktersitik sbb:
-  All IP based core network
-  Multi-access interoperability
- Menawarkan macam-macam teknologi akses ke terminal user dalam suatu arsitektur    seamless network  Multi-mode terminal.
- Teknolgi akses berbeda terintegrasi dlm suatu platform common yg fleksibel dan expandable (software radio)
-   Horizontal (intra-system) dan vertical (inter-system) handover.

V.                REFERENSI
http://e-majalah.com/ Wikipedia


                                                                                   

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar