IDNER

Anything About Our Life and Technology


Model View Controller (MVC) adalah sebuah pola yang dapat membangun proyek perangkat lunak lebih efektif karena dilakukan dengan memilah komponen antara Model, View, dan Controller pada bagian - bagian dalam proyek. Hampir perkembangan mvc dalam dunia pemrograman adalah  perkembangan dimana setiap orang bisa belajar dan membuat program yang enterprise( yang berbobot) tanpa harus mahir dan belajar bertahun2 atau pun membutuhkan team work yang banyak.konsep MVC tidak hanya di gunakan dalam satu jenis program, bahkan sekarang bisa dikatakan hampir menyeluruh di setiap jenis pemrograman, baik yang open source maupun yang berbayar.



Dalam MVC dikenal tiga komponen pembangun, di mana ada interaksi yang terjadi di antara mereka.

1. Model

Model adalah sebuah layer pada MVC yang merepresentasikan data yang digunakan oleh aplikasi sesuai dengan proses bisnis yang terjadi pada data tersebut, dengan memilahnya menjadi beberapa bagian terpisah kembali, seperti penampungan data, persistence, proses manipulasi, dan lain- lain.
Kelebihan dengan adanya Model adalah :
       a. Proses maintenance aplikasi
           Penempatan detail data dan operasinya pada area yang ditentukan (Model) sehingga tidak tersebar pada   keseluruhan lingkup aplikasi.
       b. Reusable Model
           Penggunaan kembali aplikasi model oleh aplikasi lain yang disebabkan adanya pemisahan data dengan interface.


 2. View
View adalah sebuah layer pada MVC yang mengandung keseluruhan detai dari implementasi user interface dengan melibatkan komponen grafis yang menyediakan representasi proses internal aplikasi dan meuntun alur interaksi user terhadap aplikasi
Kelebihan dari View adalah :
  • Memudahkan penggabungan divisi desain dalam development team.
  • Ketersediaan multiple interface dalam aplikasi.


3. Controller

Controller adalah sebuah layer pada MVC yang menyediakan detai alur program dan transisi layer, dan bertanggung jawab akan penampungan event yang dibuat oleh user dari view dan melakukan update terhadap komponen model menggunakan data dari user.
Kelebihan dari Controller adalah :
  • Komponen view dapat didesain tanpa harus memperhatikan bagian lain secara berlebih
  • Pemisahan jelas antara presentation logic dan business logic

Walaupun banyak kelebihan yang dimilki oleh MVC, namun masih banyak efek samping yang dihasilkan. Efek samping tersebut adalah adanya peningkatan kompleksifitas sehingga pada aplikasi kecil yang tidak membutuhkan loose coupling pada Model yang menjadi blok penghalang dalam pola MVC ini sendiri.




0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar